Pintar Baca

Kisah Islami Penuh Hikmah dan Motivasi serta Mengharukan

Kisah Islami Penuh Hikmah Pintarbaca.Com Sudah tahu 17 kisah penuh hikmah? Atau ingin tahu cerita penuh hikmah dan motivasi?

Kisah Islami Penuh Hikmah – MELIHAT DENGAN PANDANGAN KASIH

Sekelompok pemuda berjalan sempoyongan membawa alat musik dan minuman keras lewat di depan syaikh ma’ruf al karkhi dan murid-muridnya.

Salah seorang muridnya berkata, ‘’wahai tuanku, berdoalah kepada Allah agar mereka celaka.’’

Kemudian syaikh menjawab, ‘’baik, angkat dan tengadahkan tangan kalian ke langit. Kita berdoa bersama’’. Para murid mengangkat tangan mereka, bersiap mengamini doa gurunya.

Syaikh memulai doanya, ‘’ya Allah, seperti engkau membuat mereka bahagia di dunia, bahagiakanlah mereka di akherat. Para muridnya tersentak kaget.

Yang mereka harapkan adalah doa agar pemuda itu celaka, karena telah berbuat maksiat di depan umum. Gurunya justru berdoa dengan doa yang tidak mereka pahami.

Akhirnya sang syaikh menjelaskan,’’ wahai anak-anakku, jika Allah membuat mereka bahagia di akherat berarti Allah menerima taubat mereka.

Kita tadi itu mengharapkan lewat doa agar mereka mau bertaubat.

Seharusnya kita terenyuh dan melihat dengan pandangan kasih dengan mendoakan baik saat melihat suara kita melakukan maksiat.

Bukan JUSTRU mecelanya dan megharapkkan keburukan. Mari kita doakann saudara-saudari kita yang belum mendapat petunjuk Allah.

Kisah Islami Penuh Hikmah

Kisah Islami Penuh Hikmah – BAROKAH SILATURAHMI

RASUlullah saw melihat salah satu sahabatnya umurnya tinggal 15 hari lagi. Maka, oleh beliau sahabat tersebut di ajak silaturahmi.

Tetapi rasulullah tidak memberi tahu kalau umurnya tinggal 15 hari. Setelah keliling bersilaturahim keluar masuk rumah para sahabat, meminta maaf serta doa, tepat 15 hari ternyata malaikat izrail tidak datang.

Justru malaiat jibril yag datang memberi tahu kepada nabi saw.

‘’sebab engkau ajak silaturahim maka umur sahabat ini di panjangkan sampai 30 tahun.

Kisah Islami Penuh Hikmah – NABI dan YAHUDI BUTA

SEORAnG YAHUdI BUTA dan miskin setiap hari duduk di sebuah sudut kota madinah. Setiap medengar orang lewat di hadapannya, dia mencaci maki nabi dengan suaranya yang keras, ‘’ hai, awas kalian, jangan dekati nabi muhammad. Dia orang gila, penyihir dan pembohong besar.

Meski nabi tahu dan mendengar sendiri pengemis buta yahudi itu membencinya setengah mati, tetapi beliau tiap pagi mendatanginya sambil membawa makanan untuknya.

Tanpa bicara apa-apa atau megenalkan dirinya nabi menyuapinya dengan amat sabar dan penuh kasih.

Nabi muhammad wafat. Si yahudi tertawa terbahak-bahak, bukan kepalang senangnya.

Tetapi keesokan hariya dia merasa sepi dan kelaparan. Dia menunggu orang yang biasa datang memberinya makan sampai sore, tetapi tak kunjung datang.

Beberapa hari berikutnya, abu bakar datang menemui anaknya aisyah. Ia menanyakan apakah ada kebiasaan nabi yang belum diikutinya.

Istri nabi itu menjawab, ayah sudah melakukan segalanya, kecuali satu hal, lalu aisyah menceritakan kebiasaan nabi memberi maka yahudi buta tadi.

Mendengar penuturan anaknya itu abu bakar segera menemui dan membawa maka untuknya. Si yahuddi merasakan pegangan tangannya, tetapi tagan itu bukan orang yang dulu.

Ia menepis tangan itu sambil mencari-cari da meraba-raba tangan yang lembut dulu itu. Abu bakar mengenalkan dan memberitahukan bahwa, ‘’tangan lembut yang dulu tiap hari menyuapimu dengan penuh kasih sayang, dan dia sudah wafat beberapa hari lalu’’. Muhammad, rasulullah, dan dia sudah wafat beberapa hari lalu.

Seketika itu pengemis yahudi itu menjerit dengan suara yang amat memiluka hati. Air mata bercucuran membasahi pipinya.

Ia amat menyesal dan mengutuki dirinya telah mencaci, membenci dan menuduh hal-hal yang tak pernah dilakukan muhammad.

‘’oh, muhammad, engkau orang yang mulia, orang yang berhati mulia’’

Hati abu bakar mengharu biru tersedu sedan, mengenang kekasihnya yang telah pergi takkan kembali. Yahudi itu kemudian masuk islam.

Kisah Islami Penuh Hikmah – Berkat Sebut Terbebas dari Siksa Kubur

Suatu ketika syaikh abdul qodir al jailani berjalan bersama para pengikutnya. Ketika melewati pemakaman, syaikh mendengar jeritan orang yang sedang di siksa di alam kubur. Beliau bertanya, ‘’siapa yang ada di kubur ini?.’’

‘’Dia adalah fulan bin fulan’’. Jawab orang yang ada di sampingnya.

‘’Apakah dia pernah duduk denganku? Tanya syaikh. Dijawab tidak.

Apakah ia pernah mendengar suaraku? Tanya beliau lagi di jawab tidak.

Apakah ia mencintaiku walaupun belum melihatku.’’ Tanya beliau Lagi-lagi jawab ‘’tidak.’’

Maka apa yang bisa aku katakan kepada Allah untuk memberi syafaat kepada orang ini?.

Diantara mereka ada yang berkata, tetapi orang ini pernah melihat debu yang beterbangan di sapu angin saat engkau pernah lewat.

Latas syaikh menengadahkan kedua tangannya ke atas seraya berkata, ‘’ya Allah dengan lantaran debu yang pernah dilihat orang ini saat aku berjalan, angkatlah adzabnya,’’ sejenak kemudian adzabnya di  kuburnya di  angkat oleh Allah.

Bisa memberikan syafaat meringankan siksa adalah salah satu kemuliaan yang di berikan oleh Allah kepada para ulama.

Mari memperbanyak amal shalih dan menjauhi larangan Allah

Kisah Islami Penuh Hikmah – Baca ini Dulu Sebelum Melukai Hati Wanita

Di dalam hadist di jelaskan, akibat dari zina di antaranya adalah pelakunya kelak di masukan neraka,

Mendapatkan siksa yang pedih, terjatuh dalam kemiskinan dan anak keturunannya akan mendapatkan perlakuan yang sama.

Saat hadist ini di sampaikan kepada seorang raja, ia penasaran dengan akibat yang di sebut terakhir dan ingin membuktikan pada putrinya.

Putri raja adalah seorang yang sangat cantik jelita. Raja memeritahkan putrinya, di temani seorang wanita miskin, Agar melakukan perjalanan keliling kota tanpa pengawal.

keduanya tidak di perbolehka memakai penutup wajah, dan tidak boleh menghalangi siapapun yang  ingin melakukan perbuatan kepada keduanya.

Apapun yang akan dilakukan.

Putri raja di temani wanita tersebut kemudia menjalankan perintah sang raja. Selama perjalanan, setiap lelaki yang memandang sang putri langsung menundukkan kepala karena malu.

Tida ada yang berani memandang lama. Saat perjalanan ke tiap sudut kota sudah dilakukan keduanya sudah mendekati pulang kembali ke istana.

Pada waktu keduanya sudah mendekati pintu istana, tiba-tiba ada seorang lelaki dengan paksa memegang putri raja dan menciumnya.

Laki-laki itu kemudian lari entah kemana.

Putri raja dan waita miskin yang menyertainya lantas masuk istana. raja meminta kepada wanita yang mendampingi putrinya untuk menceritakan apa saja yang terjadi selama melakukan perjalanan.

Wanita itu menceritakan degan detail semua yang dialami bersama putri raja. Setelah wanita itu menyelesaikan ceritanya. ‘’alhamulilah, selama hidupun aku tidak melakukan maksiat kecuali mencium seorang wanita’’.

Kalau tidak ingin anaknya di ganggu orang, jangan mengganggu anak orang lain. Kalau tidak ingin adiknya di lukai orang, jangan melukai adik orang lain.

Kisah Islami Penuh Hikmah – BAROKAH ORANG SALIH

Dikisahkan, ada seorang suami istri hidup alam keadaan serba kekurangan. Suatu hari si suami mendapatkan sebuah rejeki berupa uang.

Bertayalah dia kepada istrinya, ‘’engkau ingin aku belikan apa? Wahai istriku. ‘’

Di belikan daging kambing saja. kita kan sudah lama tidak mencicipi lezatnya daging. Jawab istrinya.

Beragkatlah ketoko si suami daging, daging yang ia beli di masukkan ke dalam kantong plastik.

Saat perjalanan pulang, di atas bukit dilihatnya ada sebuah masjid di kerumui banyak orang. Gumam dalam hatinya.

Ini tidak waktunya sholat kok banyak orang. Tentu ada jenazah yang sedang di sholati. Sebaiknya, aku juga ikut menyolati saja. Tanpa menanyakan jenazah siapa. Ia langsung masuk ke masjid dan melaksanakan solat.

Pada saat melaksanakan solat jenazah, kantong yang berisi daging juga ikut ke bawa. Seusai solat ia lagsung pulang ke rumah tidak ikut mengantar jenazah hingga ke liang lahat.

Sesampai di rumah, kantong berisi daging itu di serahkan kepada istrinya untuk di masak. Keanehan terjadi. Daging tersebut di potong pakai pisau tidak bisa terbelah.

Di rebus, di bakar, dan di panggang tidak bisa matang. Warnanya tetap kemerahan. Segala upaya dilakukan, daging sedikitpun tidak berubah.

Di tengah kebingungan dengan kejadian ini, mereka berdua malamnya bermimpi. Dalam mimpinya mereka mendengar suara berkata, ‘’daging yang kamu bawa saat menyolati orang salih atau wali Allah di bakar tidak akan bisa.

Apalagi dagingmu, jika kamu beriman pada Allah dan rasulnya serta kamu mencintai orang salih, tidak akan terbakar oleh api neraka.

Kisah Islami Penuh Hikmah – APA YAG AnDA TABUR, ITU JUGA YANG ADA TUAI

Dikisahkan, ada seorang lelaki yang mendapat kehormatan di angkat sebagai penasehat raja. Setiap hari, raja memintanya untuk menyampaikan sebuah nasehat atau alam hikmah

Hari itu, raja memanggil penasehatnya dan memintanya agar menyampaikan sebuah kalam hikmah. Penasehatnya lantas maju dan mengatakan, berbuat baiklah kepada orang baik sebab kebaikan yang di lakukannya. Orang yang jelek budinya, kejelekannya akan meghukum dirinya sendiri.’’

Ada seorang lelaki yang tidak suka dengan perkataan itu dan iri dengan kedudukan yang di peroleh penasehat raja itu.

Setelah semua yang hadir pulang, lelaki itu menghadap raja. Dia mengatakan, maaf raja’’ penasehat mengatakan kepada  hamba bahwa mulut anda bau.

Mendengar ini raja tersinggung. Tapi tidak lantas percaya. Dia ingin membuktikan sendiri kebenaran berita yang baru saja di dengarnya.

Pulanglah, aku akan membuktikan ucapamu.

Bergegas lelaki itu pulang ke rumah. Dengan cepat ia mengundang penasehat raja ke rumahnya. Setelah penasehat raja bertemu ke rumahnya, dia menyuguhkan makanan yang banyak di bawanya, setelah menghabiskan makanannya, penasehat pamit.

Karena jam itu adalah jadwal rutinnya menghadap raja. Sesampainya di hadapan raja, dia mengulangi kalam hikmah yang pernah di sampaikannya, ‘’berbuat baiklah kepada orang baik sebab kebaikan yang di lakukannya.

Orang yang jelek budinya, kejelekannya akan menghukum dirinya sendiri.

Mendekatlah padaku!. Perintah raja

Mendengar itu, penasehat segera menutupi mulut dan hidung dengan tangannya. Dia tidak ingin raja mencium aroma bawang dari mulutnya.

Raja berkata di dalam hatinya, benar perkataan orang itu.

Raja kemudian menulis surat dengan tangannya sendri. Kebiasaan selama ini, surat yang di tulis sendiri oleh raja isinya adalah pemberian hadiah. Tetapi raja menulis dalam surat itu,

‘’jika orang yang membawa surat ini datang, sembelilah lehernya, kupaslah kulitnya, dan kirimkan mayatnya kepadaku raja menyerahkan surat itu kepada penasehat dan memerintahkannya agar di serahkan kepada pengawal yang menjaga istana.

Setelah menerima surat, penasehat raja pamit undur diri.

Saat keluar dari kerajaan, penasehat berjumpa  dengan lelaki yang megundangnya makan. Lelaki itu bertanya, apa yang kamu bawa?.

Surat yang ddi tulis langsung oleh raja. Isinya biasanya pemberian hadiah. Jawab pensehat.

Apakah kamu bersedia jika surat itu di serahkan saja kepadaku?

Ini untukmu. Jawab penasehat dengan spontan.

Dia merasa saat itu kita sedang membutuhkan hadiah. Apalagi dia juga ingin membalas kebaikan lelaki yang telah mengundangnya makan itu.

Lelaki itu segera membawa surat itu dan menyerahkannya kepada pengawal yang di maksud dalam surat. Setelah menerima dan membuat surat, pengawal berkata, di dalam surat ini, aku harus menyembelihmu dan mengulitimu.

Kaget buia epalng lelai itu mendengar ucapan pengawal raja. Dia langsung berkata, demi Allah, surat ini bukan untukku. Sebelum bertindak, ayo surat ini kita kembalikan kepada raja dahulu. Biar jelas.

Surat raja tidak pernah kembali. Tegas pengawal.

Pengawal raja segera menjalankan titah raja. Ddi sembelihlah lelaki jahat itu kemudian di ikuti dan jasadnya di kirimkan ke hadapan raja.

Penasehat datang menghadap sesuai kebiasaan, dan mengulangi kalam hikmah yang di sampaikannya. Raja heran dengan apa yang di lihatnya. Orag yang seharusya sudah mati ternyata masih hiup.

Jenazah yang di kirimkan kepadanya ternyata orang lain. Karena penasaran, raja bertanya, apa yang harus kamu lakukan pada surat itu?.

Setelah menerima surat itu dari anda, hamba berjumpa dengan seseorang. Dia meminta surat itu, akhirnya hamba serahkan surat itu kepadanya. Jawab penasehat.

Orang itu mengabarkan kepadaku bahwa kamu mengatakan mulutku bau?.

Hamba tidak pernah mengatakan itu.

Kenapa kamu meletakan tangan ke mulutmu waktu aku suruh kamu untuk mendekat?.

Orang yang meminta surat itu menyuguhkan makanan yang banyak bawangnya waktu aku di undang ke rumahnya. Aku tidak ingin anda tidak nyaman dengan bau mulutku.

Sekarang aku menyadari, perkataanmu selama ini benar. Orang yang jelek budinya, kejelekannya akan menghukum dirinya sendiri.

Kisah Islami Penuh Hikmah – RIYADHOH MENDAPATKAN PUTRA SHALIH

Saat mengandung ibunda imam hasan bashri berniat akan berkhidmat melayani salah satu istri rasulullah, agar anak yang di kandungnya menjadi orang mulia.

Ahirnya beliau berkhidmahkepada sayyidah maimunah ra. Dengan penuh tulus ikhlas, ibunda hasan bashri melayani seluruh kebutuhan sayyiddah maimunah.

Di beri makan atau tidak, pengabdian beliau tidak berubah. Semua di kerjakan dengan sam’an wa tha’atan.

Pada ahirnya apa yang menjadi cita dan harapan ibundanya tergapai. Imam hasan bashri menjadi orang yang mulia. Beliau menjadi seorang sufi dan pembesar ulama di kalangan tabi’in.

Memang kemuliaan dan kehinaan hidup manusia semuanya merupakan tadir ilahhi. Tetapi kita di perintahkan untuk melakukan usaha demi meraih kemuliaan.

Mengharapkan sesuatu di sertai dengan ikhtiar dan laku tirakat tentu hasilnya beda dengan yang tanpa keduanya.

Kisah Islami Penuh Hikmah – INDAHNYA BERBAGI

Seorang sahabat rasulullah pada suatu ketika medapatkan hadiaH SEBUAH KEPALA KAMBInG YAnG TELAH di masak. Ia merasa bahwa tetangganya yang bernama fulan beserta keluarganya lebih membutuhkan kepala itu di badingkan dirinya.

Padahal sebenarnya dirinya sendiri juga miskin. Kemudian kepala itu dia kirimkan ke rumah fulan, tetaggannyaitu.

Perasaan bahwa tetangganya di nilai lebih membutuhkan ternyata juga di rasakan oleh fulan yang menerima kepala kambing tersebut.

Orang lain yang menerima pun juga punya perasaan yang sama. Sehingga kepala kambing tersebut berpindah tangan hingga tujuh kali dari rumah ke rumah.

Akhirnya kepala itu kembali kepada sahabat yang pertama kali menerimanya. SubhanAllah.

Beberapa sahabatnya rasulullah menderita luka hebat saat perang yarmuk. Semua hampir mendekati ajal semua merasakan rasa haus yag luar biasa dalam posisi semacam itu, ada satu sahabat yang membawa air minum dalam sebuah kantung kecil.. saat salah satuya di beri kantug air itu, sambil menuju ke arah temannya dia berkata, berikan saja kepada dia,

Kantung air tersebut lantas diberikan kepada orang yang dimaksud. Ternyata dia juga mengatakan hal yang sama. Sambil menuju ke teman yang lain, ia berkata berikan saja kepada dia!

Kembali terjadi berulang kali, sehingga semua shahabat yang terluka itu wafat, tanpa ada satupun yang meminum air .

Suatu saat rasulullah kedatangan seorang tamu diajaklah tamu tersebut kerumah salah seorang istri seorang agar bisa tamu selayaknya.

kAmu istri rasulullah mengatakan, kami hanya memiliki air putih.

Rasulullah kemudian berkata kepada para sahabatnya, barang siapa yang memuliakan tamuku ini, dia akan mendapatkan surga.

Seorang laki –laki tanpa pikir panjang dengan tegas mejawab, ’’saya’’.

dI ajaklah tamu rasulullah itu ke rumah.  sesampainya di rumah ia berkata kepada istrinya, muliakanlah tamu rasulullah!

kIta tidak punya makanan kecuali makanan untuk anak kita, siapkan makanan itu, pura-puralah memperbaiki lentera dan tidurkanlah anak-anak kita!

Pada saat malam tiba , tamu rasulullah itu diajak ke meja makan, setelah makanan dihidangkan, istri sahabat itu mendekati lentera, berpua-pura memperbaikinya,

kemudian memadamkannya.  itu semua dilakukan agar tamu itu merasa nyaman memakan hidangan itu sendirian, karena makanan yang tersisa hanya untuk satu orang,

Tamu itu menikmati makanan itu sendirian, dalam  kegelapan, dia merasa tuan rumah juga ikut makan.

Kisah Islami Penuh Hikmah – MENJAGA NAMA BAIK

Di arab sebelum kemunculan islam, ada seorang raja bernama nu`man bin munzir. Dia memiliki kebiasaan aneh. Dia menetapkan di dalam setahun, ada hari baik dan ada hari naas.

Hari yang dia tetapkan sebagai hari baik, siapapun orang yang ditemuinya akan dihormati dan diperlakukan dengan baik.

Sebaiknya, jika hari itu hari naas,orang yang menemuinya akan dibunuh tanpa alasan,

Pada suatu hari naas, raja nu`man melakukan perjalanan jauh utuk berburu.

Saat beristirahat, raja duduk dikamah dikelilingi para mentri dan pengawalnya.  datanglah seorang laki-laki dari pedalaman lewat di depan kemah.  dia masuk ke kemah itu kemudian menyampaikan salam hormat,”” im shobahan “” (setelah islam datang, kalimat ini diganti dengan assalamu`alaikum.)

Raja nu’man segera memeritahkan para pengawalnya untuk menangkap laki-laki yang datang itu.

‘’kAmu akan aku bunuh sekarang.’’ kata raja.

‘’Mengapa?’’ Tanya laki-laki itu keheranan.

Ini hari naas, setiap orang yang menemuiku harus mati.

Tolong jangan bunuh hamba. hamba punya anak-anak kecil dan beberapa istri.’’ pinta laki-laki itu.

Tidak ada urusan dengan itu semua. Kamu harus mati. Titik’’ tegas raja.

Jika memang hamba harus di bunuh, beri hamba tenggat waktu. Biarkan hamba pulang dahulu mengatur segalanya untuk keluargaku.

Kemudian hamba akan kembali ke tempat ini. Kata lelaki itu dengan memelas.

Siapa yang menjamin kamu akan kembali ke sini?. Tanya raja

Laki-laki itu mamaag semua yang hadir di kemah itu satu per satu, tidak ada satupun yang di kenalnya. Di lihat ada seorang yang tampan dan gagah.

Dia juga memiliki sikap yang baik. Dia adalah abbas bin ziyad. Laki-laki yang akan di bunuh itu berkata sambil menunjuk ke arah abbas, ‘’orang ini yang akan menjaminku. ‘’

Raja memandang ke arah abbas sambil berkata kepadanya, ‘’apa kamu bersedia menjamin kedatagannya? Jika dia tidak kembali, kamu yang aku penggal lehernya. ‘’

‘’hamba bersedia menjamin kedatangan orang ini. Kita tunggu sampai matahari terbenam.’’jawab abbas.

Raja memeritahkan untuk melepas laki-laki itu. Dia segera bergegas pergi sambil berkata, aku akan kembali sebelum matahari terbenam.’’

Pada saat matahari berwarna kekuningan dan hampir terbenam, raja menoleh kepada abbas, orang tadi tidak akan kembali.’’

Tunggulah, hingga matahari benar-benar tenggelam. Kata abbas penuh rasa yakin.

Ketika matahari tenggelam dan malam mulai tiba, raja berkata kepada abbas, ‘’bersiaplah untuk mati.’’

‘’janganlah tergesa-gesa, wahai rajaku. Jawab abbas.

Abbas memandang di kejauhan, dilihatnya ada sesosok benda hitam. Dia berkata,’’ barangkali dia lelaki itu.

Sesosok hitam itu semakin mendekat, ternyata dia adalah laki-laki yang akan di bunuh. Dia terengah-engah karena capek berlari. Sambil duduk dia berkata, ‘’apakah hamba memenuhi janji?’’

Raja memandang kepadanya dengan penuh rasa takjub. Orang yang akan di bunuhnya bersedia menepati janji untuk kembali.

Padahal jika dia tidak kembali, sudah ada orang yang akan menggantikannya untuk di bunuh. Lagi pula, tidak ada yang tahu dimana dia tinggal.

Penasaran dengan peristiwa itu menakjubkan yang dialaminya hari itu. Raja menanyakan kepada laki-laki yang akan di bunuhnya, ‘’apa alasan yang membuatmu kembali kesini mengantar nyawa?.

‘’hamba takut akan di katakan, menepati telah hilang dari orang arab.’’

Raja menoleh kepada abbas, kemudian bertanya juga dengan penuh rasa takjub, ‘’apa alasan kamu bersedia menjamin orang ini, padahal kamu sama sekali tidak mengenalinya?. ‘’

Hamba takut akan dikatakan, saling percaya telah hilang dari orang arab. Jawab abbas.

Raja lantas diam berpikir sejenak. Bingung, jadi membunuh atau tidak. Kemudian berkata. ‘’aku tidak ingin menjadi yang terjelek di antara kalian, nanti akan dikatakan, kasih sayang dan murah hati telah hilang dari orang arab.

Aku tidak jadi membunuhnya.’’

Lelaki dari pedalama itu akhirnya di bebaskan. Semenjak peristiwa itu, raja menghapus adanya hari naas.

¹

Exit mobile version